. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Yakin dan Istiqamah

Para kekasih Allah memiliki dua ciri, yaitu yakin dan istiqamah. Allah SWT berfirman di dalam al-Quran, “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian (istiqomah) mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Alloh kepadamu,” (QS. Fushilat [41] : 31)

Jadi, bagi orang yang yakin dan istiqomah itu, Allah telah berjanjin akan menurunkan malaikat yang akan mengirimkan kebahagiaan, kegembiraan dan ketenangan dari Allah SWT Bahkan, Allah pun telah berjanji akan mengkaruniakan surga kepada orang-orang yang yakin dan istiqamah di jalan-Nya.

Orang yang yakin kepada Allah dan istiqamah di jalan-Nya, tidak akan memiliki rasa khawatir dan takut terhadap kehidupan dunia. Yang ia takutkan hanyalah takut Allah tidak ridho kepadanya. Dia pun akan diselimuti dengan ketenangan di dalam hatinya. Rasa tentram dan tenang meski sedang berada dalam situasi apapun. Karena ia senantiasa yakin bahwa sesulit apapun keadaannya, pasti ada dalam kekuasaan Allah SWT Tiada kesulitan bagi siapa saja yang berserah diri kepada Allah.

Betapa beruntungnya orang-orang yang hatinya sudah diliputi dengan ketenangan. Karena sesungguhnya ketenangan itu milik Allah dan hanya Allah yang kuasa memberikannya kepada orang-orang yang beriman. Ketenangan tidak bisa dibeli bahkan tidak bisa dicuri dari orang lain.

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka Itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al Ahqof [46] : 13-14)

Maasyaa Allah! Betapa besar ganjaran dari yakin dan istiqomah di jalan Allah SWT. Inilah ciri dari para kekasih Allah. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat tempat di dalam golongan ini. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

 

LEAVE A COMMENT