. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Wakaf Umum, Apa Bedanya?

Pemahaman masyarakat Indonesia tentang wakaf bisa dikatakan masih sangat rendah. Tapi lambat laun, seiring berkembangnya lembaga-lembaga wakaf nasional yang mendengung-dengungkan untuk berwakaf, menjadikan istilah wakaf semakin dikenal dan tidak terdengar asing lagi di telinga masyarakat umum.

Berbicara masalah wakaf, sebagian orang masih berfikir bahwa berwakaf harus selalu berupa barang yang besar dan memiliki nilai yang tinggi, atau lebih sering dipahami dengan wujud bangunan, tempat ibadah, tanah, pemakaman, dan lain sebagainya. Sehingga kebanyakan masyarakat berfikir dirinya tidak mampu untuk berwakaf.

Pada hakikatnya, wakaf adalah bentuk ibadah yang tidak kalah besar pahalanya di sisi Allah, walau pun sedikit nilai dan nominalnya. Bahkan para ulama sepakat, amal jariah yang tidak pernah terputus hingga hari kiamat tersebut adalah sedekah sunah yang bernama wakaf.

Mengapa demikian? Karena sedikit harta yang kita miliki, walau pun hanya lima puluh atau seratus ribu rupiah, kemudian kita niatkan untuk berwakaf, apa pun bentuk wakaf tersebut jika memiliki manfaat bagi umat, maka pahalanya akan tetap mengalir kepada orang yang berwakaf.

Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid, sebagai nazir wakaf, memiliki program yang bernama wakaf umum. Apa bedanya wakaf umum dengan wakaf lainnya? Yang membedakan adalah ikrarnya. Di dalam berwakaf juga harus ada ikrarnya, misalnya berwakaf dalam bentuk uang untuk pembangunan masjid, asrama tahfiz, sarana pendidikan, dan lain sebagainya. Maka uang tersebut harus digunakan sesuai dengan yang diikrarkan.

Adapun wakaf umum, maka ia bersifat umum dan dapat digunakan sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain untuk pembangunan, bisa juga digunakan untuk melengkapi kebutuhan lainnya, seperti penyediaan mukenah di masjid, kipas angin, mushaf al-Quran, dan lain sebagainya, berupa fasilitas yang menunjang ibadah lainya.

Manfaat dari wakaf umum juga bisa digunakan untuk perbaikan dan perawatan aset-aset wakaf yang sudah ada. Sebagus apapun bangunan, tidak akan bertahan lama jika tidak dilakukan perawatan dan perbaikan yang terus menerus dilakukan. Program wakaf umum ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk tetap bisa memiliki amal jariah meskipun nilainya sedikit, tapi memiliki manfaat yang tidak kalah besar. Wallahu’alam. (Ernawati)

LEAVE A COMMENT