. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Wakaf Sarana Pendidikan, Bangun Karakter Baku Pada Santri

Selain ruang kelas, asrama, dan aula, aset wakaf sarana pendidikan di Daarut Tauhiid (DT), yang tidak kalah manfaatnya adalah lapangan. Berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler santri, diselenggarakan di lapangan tersebut. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menanamkan Karakter Baku (Baik dan Kuat) kepada santri. Karenanya, memberikan fasilitas yang nyaman dan layak untuk sarana pendidikan, menjadi hal yang tidak kalah penting bagi Lembaga Wakaf DT.

Dari bangun hingga tidur lagi, aset wakaf DT di SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri, seolah tidak pernah sepi. Setiap tempatnya menjadi bukti, bahwa berwakaf untuk sarana pendidikan memiliki manfaat yang berlipat ganda. Di tempat inilah santri dididik agar tumbuh menjadi pribadi tangguh pantang mengeluh dan berakhlak mulia.

Yuni, salah seorang Civitas SMP DTBS Putri, mengatakan, untuk menyeimbangkan antara al-Quran dan akademik, SMP DTBS Putri mengeluarkan kebijakan baru. Di Tahun Ajaran 2018-2019 ini, setiap santri hanya diperbolehkan mengikuti satu ekstrakurikuler, agar tidak mengganggu kegiatan yang lain. Terutama dalam pencapaiaan hafalan al-Quran.

“Adanya kebijakan baru ini diharapkan agar santri tidak lagi memiliki alasan tidak tercapai target hafalannya, karena kebanyakan ekskul. Jadi selain kegiatan ekskul, di sini santri juga dididik untuk cinta al-Quran. Mudah-mudahan dengan begitu dapat menambah keberkahan aset wkaaf ini,” ujar Yuni, pada Selasa (4/8). (Ernawati)

LEAVE A COMMENT