. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Wakaf Sadar Pendidikan Bangun Peradaban

Pendidikan merupakan faktor penting untuk membangun generasi terbaik, dan meraih masa depan gemilang. Misalnya saja, jika seseorang diwarisi harta tanpa ilmu, maka ia akan dengan mudah menghambur-hamburkannya, mudah tertipu, bahkan hartanya cepat habis, dan kembali miskin. Sebaliknya, bila seseorang diwarisi dengan ilmu pengetahuan, maka ilmunya itu akan menjaga harta yang dimiliki untuk terus berkembang, dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Sekitar 1400 tahun yang lalu, Rasulullah saw juga membangun peradaban Islam, dengan mendidik para sahabat menjadi generasi unggulan. Pendidikan dilakukan secara intens. Baik itu ilmu agama, maupun ilmu dunia. Sejarah mencatat, generasi didikan Rasul sangat mahir di berbagai bidang. Ada yang mahir dalam bisnis, panglima perang, pendidikan, hingga ilmu kesehatan.

Ilmuan-ilmuan Islam pun bermunculan. Ada yang menemukan algoritma, ada yang menemukan teori-teori dalam ilmu kesehatan, astronomi, hingga hafiz-hafizah ahli Quran, yang terus ada hingga kini. Ini menunjukkan betapa Rasulullah saw sangat mementingkan pendidikan bagi generasi muda, untuk meraih masa depan yang lebih baik, dan menyebarkan Islam ke seluruh penjuru dunia.

Memahami tentang hal itu, Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid (DT) yang dipimpin oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), mengeluarkan Program Wakaf Sadar Pendidikan. Sadar ternyata merupakan singkatan dari ‘Sarana Pendidikan’. Umat Islam di Indonesia khususnya, diajak untuk peduli dengan pendidikan, dan berkontribusi dalam bentuk wakaf, untuk kemajuan generasi Islam.

Lokasi pendidikan yang telah dibangun, di antaranya di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid yang terletak di Gegerkalong Girang Bandung, Cigugur Girang (Eco Pesantren) Bandung, dan Serua Tangerang. Dana wakaf yang disalurkan oleh umat melalui Lembaga Wakaf DT tersebut, digunakan untuk memfasilitasi para santri, mulai dari asrama, gedung sekolah, masjid, dan lain-lain.

Adanya Program Wakaf Sadar Pendidikan ini, diharapkan dapat menjadi jalan keberkahan bagi yang berwakaf. Kemudian, mewujudkan cita-cita Rasulullah saw, yakni membangun generasi muslim yang luas ilmu pengetahuan, mulia dalam berakhlak, serta menyebarkan indahnya Islam ke seluruh penjuru dunia. Wallahu’alam.

(Cristi Az-Zahra)

LEAVE A COMMENT