. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Wakaf Sadar Pendidikan

Wakaf menjadi instrumen yang terbukti mampu menopang dunia pendidikan, sehingga bisa maju dan berkembang. Al-Azhar, salah satu lembaga pendidikan tertua di dunia juga dibangun dan berkembang dengan Wakaf.

Penggunaan wakaf untuk pendidikan dilakukan dengan dua cara. Pertama, dana wakaf secara langsung digunakan untuk membangun fasilitas pendidikan, Kedua, memproduktifkan aset wakaf. Hasilnya, digunakan untuk biaya operasional pendidikan, dari mulai penggajian staf pengajar sampai dan pengembangan fasilitas pendidikan lagi.

Sadar Pendidikan

Sejak berdiri tahun 1990, Daarut Tauhiid terus memaksimalkan wakaf untuk berdakwah melalui lembaga pendidikan, baik formal maupun informal. Melalui Wakaf DT, sub unit lembaganya, DT bercita-cita melahirkan generasi ahli zikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar yang berlandaskan tauhid dan berakhlak mulia, dengan dukungan wakaf.

Untuk fasilitas pendidikan formal, gedung Sekolah TK Khas DT, SMA, SMP, dan SMK DTBS sebagian sudah berdiri di Eco Pesantren dan Gegerkalong Bandung. Asrama SMA dan SMP  juga sudah dibangun di Eco Pesantren.

Sementara itu, untuk pendidkan informal, Rumah penghafal Quran di Gegerkalong dan Asrama Tahfiz di Cijangel juga sudah dibangun. Dari kedua bangunan sudah lahir puluhan penghafal Quran 30 juz dengan predikat mutqin.

Agus Kurniawan, Direktur Fundraising Wakaf DT mengatakan, di 2018 ini, Wakaf DT memberikan peluang kepada masyarakat untuk ikut melahirkan generasi harapan itu melalui Program Sadar Pendidikan. Dana wakaf yang terhimpun akan digunakan untuk pembangunan segala fasilitas pendidikan di DT.

Saat ini, Wakaf DT sedang membangun gedung sekolah, ruang guru dan Asrama SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) dan Asrama Tahfiz di Eco Pesantren. Di Serua, Asrama untuk santri Azkia Islamic School juga sedang dibangun. Dan di Batam, usai pembangunan Masjid DT Batam, gedung sekolah, asrama, dan fasilitas pendukung lainnya juga akan segera dibangun.

“Wakaf Sadar Pendidikan ini ada dua pengertian. Pertama, ini kepanjangan dari Wakaf Sarana Dasar Pendidikan. Dana wakaf ini akan digunakan untuk membangun semua fasilitas pendidikan di DT dari mulai di Eco Pesantren, di Serua, sampai DT yang ada di Batam.  Kedua, Sadar Pendidikan artinya melalui program ini masyarakat diberi tahu bahwa wakaf ini bisa membangun pendidikan,” tutur Agus, Kamis (12/7)

Dengan berwakaf Sadar Pendidikan, lanjut Agus, muwakif setidaknya memiliki dua keuntungan besar. Pertama, mereka ikut membangun peradaban masa depan karena ikut membangun pendidikan. Kedua, mereka akan mendapatkan pahala mengalir abadi, karena Ilmu yang diajarkan kepada santri atau siswa yang belajar di aset wakaf yang dibangun akan terus diajarkan ke generasi selanjutnya.

“Jadi ada semacam multi level pahala. Ketika ilmu yang didapat di sana diajarkan lagi. Muwakif yang ikut membangun fasilitas ini menjadi jalan santri ini belajar terus mendapatkan pahala dari ilmu yang terus diajarkan ini. Itu luar biasa sekali,” jelas Agus.

Bagi masyarakat yang ingin menunaikan Wakaf Sadar Pendidikan, selain bisa langsung bersilaturahim ke Kantor Wakaf DT di Jalan Gegerkalong Girang No.67 Bandung, Wakaf juga bisa dilakukan dengan transfer melalui rekening Wakaf Sadar Pendidikan yakni Bank Mandiri; 13200 1009 5959 atas nama Yayasan Daarut Tauhiid. Transfer bisa dilakukan, baik dengan Transfer ATM, Mobile Banking, Internet Banking, maupun SMS Banking.

Wakaf juga bisa dijemput untuk area Bandung Raya. Informasi,  konfirmasi, dan permintaan penjemputan Wakaf Sadar Pendidikan bisa menghubungi call center Wakaf DT; 085 200 123 123. (Agus Iskandar)

 

LEAVE A COMMENT