. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Sinergi Wakaf dan SMP DTBS Cetak Generasi Emas

Program Wakaf Sadar (Sarana Dasar) Pendidikan merupakan salah satu program unggulan yang dikelola oleh Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid (DT). Sejak DT didirikan pada Tahun 1990 silam, DT terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendidikan formal dan non formal. Salah satu pendidikan formalnya ialah SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS), yang terletak di Jalan Gegerkalong Girang Baru, No. 11 Kota Bandung.

Evi Nur Aprianti, Wakil Kepala Sekolah SMP DTBS Bidang Kurikulum, menyampaikan saat Upacara Bendera pada Senin (14/1), tentang lima karakter utama untuk mencetak generasi emas. Pertama, nilai religius. Katanya, SMP DTBS tidak hanya mengedepankan nilai-nilai akademik, tapi juga mengutamakan nilai-nilai keislaman.

“Anak-anak di luar sana, jangankan salat sunah, salat wajibnya saja mungkin masih bolong-bolong. Jangankan menghafal al-Quran, mungkin tilawah saja belum lancar, dan banyak juga yang sama sekali belum bisa baca al-Quran. Makanya, anak-anak yang sekolah di sini harus banyak bersyukur,” tuturnya.

Kedua, jiwa nasionalisme. Evi mengungkapkan, setiap pagi para santri diarahkan untuk mengumandangkan Lagu Indonesia Raya. “Tujuannya untuk membangkitkan semangat nasionalisme. Bisa mengenang jasa pahlawan. Dulu untuk mengibarkan bendera merah putih itu taruhannya nyawa. Sekarang tinggal mengisi kemerdekaan dengan rajin belajar, dan mencintai budaya Indonesia,” lanjutnya.

Katanya, saat ini banyak generasi muda yang lebih menyukai budaya di negara lain, lalu mencibir budaya di negerinya sendiri. Maka, jiwa nasionalisme ini, diharapkan oleh Evi dan seluruh Civitas SMP DTBS, dapat tumbuh di jiwa setiap santri.

Ketiga, mandiri. “Ini sesuai dengan visi sekolah kita. Para santri yang kelas tujuh misalnya, harus mulai belajar mandiri. Awalnya tinggal di rumah, ada orangtua, ada yang membantu, di sini harus benar-benar mandiri,” ujarnya.

Keempat, jiwa gotong royong, karena itu termasuk karakteristik Bangsa Indonesia. “Harus gotong royong, saling bantu, tapi tidak gotong royong saat ujian ya,” katanya sambil tersenyum.

Kelima, integritas atau kejujuran. “Integritas ini juga yang harus ditingkatkan. Aa Gym juga selalu mengingatkan untuk memiliki karakter jujur. Insya Allah orang jujur mah akan selamat dunia dan akhirat,” jelasnya.

Lima karakter utama untuk mencetak generasi emas tersebut, sesuai dengan tujuan Lembaga Wakaf DT untuk mengelola Program Wakaf Sadar Pendidikan. Program ini diharapkan mampu melahirkan generasi berakhlak mulia yang cinta al-Quran, dan mampu menghadapi tantangan zaman dengan bekal yang didapat, serta menjadi agen yang menyebarluaskan nilai-nilai Islam di tengah masyarakat.

Bagi sahabat yang ingin berkontribusi mewujudkan generasi emas, silakan salurkan wakafnya melalui Lembaga Wakaf DT. Transfer wakaf atas nama Yayasan Daarut Tauhiid ke rekening Mandiri: 13200.1009.5959. Informasi selengkapnya silakan hubungi Call Center Wakaf DT: 085200123123. (Cristi Az-Zahra)

 

 

 

 

 

LEAVE A COMMENT