. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Sembuh Bukan karena Obat

Saudaraku, ketika kita sakit maka tentu kita ikhtiar untuk mendapatkan kesembuhan. Ikhtiar kita bisa dengan memeriksakan diri ke dokter, bisa dengan meminum obat atau herbal, atau dengan cara lainnya seperti memperbanyak istirahat dan lain sebagainya.

Akantetapi, sesungguhnya yang menakdirkan kita untuk sembuh hanyalah Dzat yang menyediakan bahan-bahan untuk obat, Zat yang menciptakan makhluk bernama dokter, Dzat Yang Maha Memiliki berbagai ilmu termasuk ilmu kedokteran, dialah Allah Swt. Salah satu dari nama-nama Allah adalah Asy Syaafii, yaitu Allah Yang Maha Menyembuhkan.

Allah SWT berfirman, “Dan apabila aku sakit, Dialah (Allah) yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy Syu’aro [26] : 80)

Dalam sebuah doa, Rasulullah saw. bersabda, “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”  (HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, ketika kita sakit, hal utama yang penting kita lakukan adalah berdoa kepada Allah, mendekatkan diri kepada-Nya karena hanya Allah Yang Maha Menyembuhkan. Dialah Dzat tempat kembali segala urusan. Kemudian ikhtiar berobat sambil menguatkan hati kita, yakinkan hati kita bahwa hanya Allah sumber kesembuhan, sedangkan dokter dan obat hanyalah jalan bagi kesembuhan itu.

Ikhtiar kita mendapat kesembuhan adalah ladang amal sholeh, sampai sejauh mana kita meyakini kekuasaan Allah ketika kita berikhtiar. Semakin kita mengiringi ikhtiar kita dengan penuh keyakinan kepada-Nya, penuh kesabaran dan ketawakalan, maka semakin dekat kita dengan kesembuhan.

Sakit kita akan menjadi penggugur dosa karena kesabaran kita, ikhtiar kita dalam berobat menjadi ibadah karena keyakinan kepada Allah Swt. Maasyaa Allah.

Semoga bagi kita yang sedang diuji dengan sakit, segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Dan, bagi kita yang diberi nikmat sehat semoga bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk menjemput ridho Allah Swt. Aamiin yaa Robbal’aalamiin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT