. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Semakin Yakin kepada Allah

Semakin seseorang yakin kepada Allah, bahwa Allah Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Mengetahui, maka akan semakin ia menjaga sikapnya. Semakin ia menjaga perbuatan, ucapan dan niat di dalam hatinya. Jika sudah demikian, maka akan semakin terjaga dirinya dari perbuatan dosa dan kemaksiatan. Semakin istiqamah ia di jalan keselamatan.

Supaya mencapai keyakinan yang kuat kepada Allah, maka kita perlu, bahkan wajib mempelajari ilmu tentang Allah SWT. Wajib kita mempelajari sifat-sifat dan nama-nama Allah SWT. Keyakinan berawal dari mengenal. Bagaimana mungkin kita bisa yakin jikalau tidak mengenal.

Orang yang yakin bahwa Alloh Maha Pemberi Rezeki, ia tidak akan terpikir untuk mengejar harta kekayaan dengan cara-cara yang haram. Ia hanya akan menjemput rezeki yang halal juga dengan cara yang Allah ridai.

Orang yang yakin bahwa semua adalah ciptaan Allah SWT, harta kekayaan hanyalah titipan Allah SWT, maka ia tidak akan pernah ujub dan sombong. Apa yang mau disombongkan, karena semua diciptakan oleh Allah dengan sempurna. Juga ia tidak akan minder, karena apa yang mau diminderkan, Allah SWT telah menciptakan dengan sebaik-baik bentuk.

Allh SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At Tiin [95] : 4).

Orang yang yakin kepada Allah SWT juga akan bersikap rida jikalau suatu waktu Allah mengambil sesuatu darinya. Karena ia yakin bahwa semuanya adalah milik Allah dan Allah adalah sebaik-baiknya tempat kembali. Baginya, kewajibannya adalah menjaga dan memelihara apa yang Allah titipkan kepadanya dengan penuh amanah dan tanggungjawab. Maasyaa Allah.

Demikian dahsyat buah dari keyakinan kepada Allah SWT. Setiap peristiwa sekecil apapun akan ia kembalikan kepada Allah SWT. Setiap ujian sepahit apapun, akan membuatnya bersabar. Dan setiap keberuntungan, akan membuatnya bersyukur. Tidak ada sesuatu yang buruk bagi orang yang yakin kepada Allah SWT. Wallohu a’lam bishowab.  [KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT