. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Santri Karya Ikut Kajian Mitigasi Bancana di Masjid DT

Seringnya terjadi bencana gempa bumi yang menimpa Indonesia, membuat masyarakat harus lebih waspada, khususnya masyarakat yang tinggal di tempat-tempat rawan bencana. Menurut informasi yang datang dari Pusat Penelitian Mitigasi Bencana Institut Teknologi Bandung (ITB), Kota Bandung dan sekitarnya merupakan daerah yang memiliki ancaman bencana gempa yang dahsyat. Ancaman tersebut datang dari Sesar Lembang yang berpotensi gempa.

Karenanya, dalam kegiatan Tausiah Kamis di Masjid Daarut Tauhiid (DT) Bandung, yang menjadi agenda rutin para Santri Karya DT, mendatangkan Irwan Meilano, Ahli Peneliti Mitigasi Bencana ITB. Irwan hadir untuk menjelaskan tentang ‘Mitigasi Bencana Terhadap Resiko Sesar Lembang’.

Irwan mengatakan, terjadinya bencana memang tidak diharapkan, namun jika melihat kondisi bumi saat ini, maka perlu diwaspadai. Minimal masyarakat yang dekat dengan lokasi rawan bencana, tahu apa yang harus dilakukan ketika sebelum, dan sesudah terjadinya bencana. Termasuk para Santri DT yang melakukan aktifitas di gedung-gedung tinggi.

Di hadapan ratusan Santri Karya DT, ia menjelaskan, ketika terjadi gempa, pertama yang harus dilakukan adalah berdiam diri dan mencari pelindung kepala di bawah benda-benda keras. Irwan melanjutkan, setelah diteliti, kebanyakan korban gempa meninggal di tangga. Hal tersebut disebabkan karena ketika gempa terjadi, kebanyakan masyarakat yang tinggal di gedung-gedung tinggi mengevakuasi diri melalui tangga, ketika gempa sedang berlangsung.

“Gempa itu paling lama goncangannya cuma beberapa detik. Sehingga ketika terjadi gempa, orang-orang yang mengevakuasi diri lewat tangga, tidak akan sempat menyelamatkan diri, karena dalam hitungan detik tersebut tangganya sudah roboh duluan,” jelas Irwan.

Sebagai bentuk keseriusan Tim DT dalam mewaspadai terjadinya gempa, Andri, salah seorang Santri Karya DT Peduli menuturkan, akan membuat membuat action plan untuk sistem evakuasi di DT.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan dibuatkan action plan untuk sistem evakuasi di DT Gegerkalong, dan Eco Pesantren. Tim sudah terbentuk Insya Allah. Mohon doa dari semua,” ujar Andri. (Ernawati)

LEAVE A COMMENT