. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Santri Karya Antusias Ikuti Kajian Manajemen Keuangan

Forum Muslimah Daarut Tauhiid (DT), pada Rabu (31/10), kembali memakmurkan Masjid DT Bandung dengan menggelar Kajian Muslimah, khusus Santri Karya (Karyawan) DT. Pembahasan kajian kali ini mengenai ‘Manajemen Keuangan untuk Hidup Berkah’ yang di sampaikan oleh Betty Y. Sundari (Teh Betty), istri dari Abdurrahman Yuri (A Deda).

Keuangan adalah suatu hal yang sangat sensitif bagi kebanyakan orang. Menurut Teh Betty, perumpamaan uang itu seperti majikan yang mengerikan, jika pemiliknya tidak bisa mengelolanya dengan bijak. Uang yang tidak diatur dengan baik, bisa membawa mudarat bagi pemiliknya.

Di dalam kajian muslimah ini, Teh Betty kembali mengingatkan, muslimah adalah pemimpin keuangan, atau bendahara dalam rumah tangga. Setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat. Karenanya, sebagai seorang muslimah, diharuskan memiliki kemampuan memanajemen keuangan yang baik untuk hidup lebih berkah.

Teh Betty menyampaikan, untuk meraih keberkahan, uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari harus didapat dengan cara yang halal, juga menyisihkannya untuk berwakaf. Sehingga dengan rutin menyisihkan perhasilannya untuk berwakaf, bukan hanya memenuhi kebutuhan hidup di dunia, tapi juga menabung untuk hidup di akhirat.

“Supaya bisa rutin berwakaf dan tidak susah, langsung saja minta di potong dari setiap penghasilan kita untuk wakaf,” ujar Teh Betty.

Ia menambahkan, dalam setiap harta yang didapatkan ada hak untuk Allah, untuk orang lain, untuk keluarga, dan yang terakhir baru untuk diri sendiri.

“Hak Allah harus kita dahulukan, baru ke masa depan. Lalu kepada hak orang lain, dan terakhir untuk kita dimasa sekarang. Alasannya, karena kita tidak tahu umur kita akan berakhir kapan,” tambahnya. (Ernawati)

LEAVE A COMMENT