. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Saat Punya Keinginan

Sebagai manusia, kita tentu punya banyak keinginan. Ingin bisa menunaikan haji, ingin mengumrohkan orangtua, ingin menikah, ingin kuliah, ingin bekerja, ingin naik jabatan, ingin naik gaji, dan lain sebagainya. Memiliki keinginan adalah sesuatu yang sangat manusiawi. Hanya saja bagi orang yang beriman, ada ciri yang sangat kentara manakala menginginkan sesuatu.

Orang yang beriman akan senantiasa bertanya, apakah keinginannya itu sesuatu yang Allah ridhai. Jika iya, maka bagaimana meraih keinginan itu dengan cara-cara yang juga Allah ridhai. Karena tidak setiap keinginan ada di jalan Allah. Adakalanya manusia menginginkan sesuatu padahal itu adalah bentuk kemaksiatan kepada Allah. Dan, ada juga keinginan yang ditempuh dengan jalan yang tidak diridhoi oleh Allah.

Allah SWT. berfirman, “Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqoroh: 216).

Kita harus yakin bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang ada di dalam hati kita, Allah pasti mengetahui apa yang kita inginkan dan apa yang kita niatkan. Dan, Allah SWT. pun Maha Mengetahui siapa dan bagaimana diri kita ini. Allah lebih mengetahui apa yang terbaik bagi kita. Oleh karena itu, saat kita menginginkan sesuatu, saat kita mengupayakan sesuatu, boleh jadi kita berhasil meraihnya dan bisa jadi juga kita tidak meraihnya. Bagi orang yang beriman, kedua keadaan itu sama saja karena setiap ketetapan Allah pasti baik.

Saat kita meniatkan sesuatu karena Allah, dan kita mendapatkannya, maka itu adalah ujian bagi kita untuk bersyukur. Dan, ketika kita tidak mendapatkannya, maka itu adalah ujian bagi kita untuk bersabar. Niscaya Allah akan memberikan yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya yang bersyukur dan bersabar.

Yang terpenting bagi kita adalah keridhoan Allah SWT. Apapun kenyataan yang kita dapatkan, jika Allah ridha maka itulah yang terbaik bagi kita. Apapun yang kita inginkan, kuncinya adalah keridhoan Allah. Semoga kita termasuk orang-orang yang meniatkan segala urusan dalam hidup kita demi mendapatkan keridhoan Allah SWT. Aamiin ya Rabbal’aalamiin.[KH.Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT