. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Rida dalam Setiap Keadaan

Saudaraku, salah satu sebab kita tidak bahagia dalam hidup adalah karena ketidaksiapan menghadapi kenyataan. Kita siap menghadapi kenyataan yang sesuai dengan keinginan kita. Tapi, belum tentu kita siap menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Padahal tidak mungkin setiap keinginan kita terpenuhi. Apa jadinya jika setiap orang ingin jadi presiden dan semuanya terkabulkan, tentu kacau hidup ini.

Allah SWT telah mengingatkan bahwa tidak setiap keinginan kita itu baik untuk kita. Karena keinginan kita lebih banyak didorong oleh hawa nafsu. Sedangkan Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi setiap makhluk-Nya. Dan, Allah juga Maha Mengetahui setiap kebutuhan makhluk-Nya.

Allah SWT berfirman, “..Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah [2]: 216).

Yang penting kita lakukan adalah bersikap rida pada setiap ketetapan Allah SWT atas diri kita. Boleh jadi kita mengusahakan sesuatu, tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, tidak mengapa. Karena kewajiban kita hanyalah berusaha, berikhtiar. Ikhtiar inilah yang menjadi amal saleh kita, menjadi ibadah kita. Adapun hasilnya, serahkan kepada Allah SWT.

Jika Allah SWT telah mentakdirkan sesuatu bagi hamba-Nya, maka takdir tersebut pasti kebaikan. Agar kita terlatih bersikap rida, maka perlu kita selalu yakin bahwa tiada satu kejadian sekecil apapun, kecuali pasti Allah mengetahuinya. Allah SWT berfirman, “..Maka sesungguhnya Allah adalah Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Ahzab [33] : 54).

Kita harus yakin bahwa setiap kejadian itu ada dalam pengetahuan dan keuasaan Allah SWT Dan, Allah Maha Mengetahui setiap jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi oleh hamba-hamba-Nya. Sehingga tiada tempat untuk mengadu dan memohon pertolongan selain Allah SWT.

Menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan kita itu mungkin memang tidak enak. Tapi, rasa tidak enak itu akan lebih menjadi-jadi jikalau tidak ada rida di dalam hati kita. Bersikap rida atas apa yang telah terjadi akan membuat hati kita jauh lebih tenang dan bahagia. InsyaaAllah. [KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT