. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Orang Beriman Itu Mengagumkan

Tiada apapun yang bisa lahir dari keimanan kecuali kebaikan. Peristiwa seperti apapun, kecil ataupun besar, ringan maupun berat, jikalau dihadapi dengan keimanan maka yang hadir adalah kebaikan.

Rosululloh Saw. bersabda, “Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada diri orang beriman; yaitu jika dia mendapatkan kesenangan maka dia bersyukur, sehingga itu menjadi kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan maka dia bersabar, sehingga itupun menjadi kebaikan baginya.” (HR. Muslim).

Oleh karenanya, bukan ciri keimanan jika ditimpa kepahitan kemudian berlama-lama meratapi keadaan, berlama-lama dalam kesedihan dan putus asa. Apalagi jika sampai mengutuki keadaan dengan sumpah-serapah yang tiada berguna. Selain menguras tenaga dan tidak dapat mengubah keadaan, sikap-sikap seperti ini juga bukan sikap yang diridhoi oleh Alloh Swt.

Orang yang beriman akan tetap tegak berpegang teguh kepada Alloh Swt. meski berbagai kenikmatan dan kesenangan datang menghampirinya. Ia tidak mudah goyah terbuai dengan semua itu. Senang dan gembira yang ia rasakan segera ia kembalikan kepada Alloh dengan penuh syukur karena ia yakin semua itu terjadi pasti atas izin Alloh. Demikian halnya dengan kesedihan dan ketidaksenangan yang ia rasakan segera ia kembalikan kepada Alloh dengan penuh sabar karena ia yakin hanya Alloh yang Maha Kuasa atas segala kejadian. Dan, hanya Alloh yang bisa dijadikan tempat berlindung dan memohon pertolongan.

Maasyaa Alloh! Kemudahan dan kesulitan yang datang adalah lumbung pahala bagi orang yang beriman. Keimanan akan membawa kita pada kebahagiaan hidup di akhirat, dan kebahagiaan itu sudah didapatkan oleh orang beriman sejak di dunia. Semoga kita termasuk orang-orang yang bahagia di dunia dan akhirat. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.

[KH. Abdullah Gymnastiar]

 

LEAVE A COMMENT