. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Menjaga Tutur Kata

Allah SWT berfirman, “..Dan Alloh mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Al Mujadilah [58] : 1).

Saudaraku, sesungguhnya Allah Maha Mendengar, bahkan sampai bisikan paling halus sekalipun yang ada dalam hati manusia. Siapapun yang yakin bahwa Allah Maha Mendengar, ia akan sangat menjaga setiap tutur katanya.

Yang terpenting dari pembicaraan kita bukanlah kekaguman orang terhadap kita, melainkan keridaan Allah terhadap apa yang kita ucapkan. Kita tidak perlu mendahulukan kesibukan merangkai kata supaya dipandang pintar, terpelajar, hebat oleh orang lain. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga agar setiap ucapan kita niatnya benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Lebih baik berbicara dengan kata-kata yang sederhana, selamat dari rasa ingin dikagumi orang lain, daripada berbicara dengan kata-kata yang rumit, berbelit dengan rasa ingin dikagumi orang lain.

Tutur kata kita tidak membuat Allah senang kepada kita. Tapi, bersihnya hati dan lurusnya niat, itulah yang menjadi pengundang datangnya keridaan Allah kepada kita. Tutur kata yang indah namun diniatkan demi memikat perhatian orang lain, sesungguhnya Allah mengetahuinya. Tutur kata yang rapi namun diniatkan mencelakai orang, sesungguhnya Allah pasti mengetahuinya. Dan, setiap perkataan pasti akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang terampil menjaga setiap tuturkata kita sehingga Allah rida kepada kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT