. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Menjadikan Kegagalan sebagai Kesuksesan

Tidak setiap keinginan kita menjadi kenyataan. Tidak setiap rencana kita mencapai hasil sesuai harapan. Ada kalanya usaha kita tidak membuahkan hasil. Ada kalanya rencana kita tidak mencapai apa-apa. Semua kondisi ini seringkali disebut sebagai kegagalan.

Namun, apakah kegagalan itu berbahaya? Tidak. Yang berbahaya adalah jikalau kegagalan itu membuat kita malah semakin jauh dari Alloh Swt. Yang berbahaya itu adalah jikalau putus asa, berburuk sangka dan tidak yakin pada pertolongan Alloh. Betapa rugi jika ini terjadi pada kita, sudah gagal malah makin tenggelam dalam kegelapan karena menjauh dari Alloh.

Setiap kegagalan itu tidak berbahaya, dan malah akan menjadi kesuksesan jikalau dengan kegagalan itu kita menjadi lebih dekat dengan Alloh. Gagal menikah, tidak perlu galau dan berlama-lama dalam kepedihan, segera mendekat pada Alloh dan jadikan kejadian itu sebagai bahan tafakur bahwa Alloh Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Dikeluarkan dari perusahaan (PHK), tidak perlu putus asa, karena hanya Alloh Yang Maha Menjamin rezeki seluruh makhluk-Nya.

Jika setiap kejadian yang tidak kita inginkan terjadi pada diri kita, namun bisa membuat kita malah semakin dekat kepada Alloh, semakin yakin kepada-Nya, maka itu adalah kesuksesan.

Alloh Swt. berfirman, “Bisa jadi kamu membenci sesuatu padahal itu amat baik bagimu. Dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu amat buruk bagimu. Alloh Mengetahui, sedangkan kamu tidak tahu.” (QS. Al Baqoroh [2] : 216)

Semoga setiap kejadian yang menimpa diri kita, baik kita sukai ataupun tidak kita sukai, bisa menjadi sarana untuk semakin dekat dan semakin yakin kepada Alloh. Karena inilah orang yang mendapat kesuksesan dalam hidupnya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT