. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Menginap Sekaligus Berwakaf

Terletak di kawasan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid,  Cottage Daarul Jannah menawarkan sensasi menginap yang berbeda. Dengan mengusung konsep islami, penginapan yang berdiri pada tanggal 31 Desember 1998 dan diresmikan pada 25 April 1999 ini, mencoba mempertahankan nilai-nilai islami dalam setiap aspeknya.

Adapun nilai-nilai islami yang dipertahankan yakni menyediakan makanan dan minuman yang halal dan baik, mengadakan tour islami, hanya pasangan suami istri atau muhrim yang boleh menginap, tersedianya perlengkapan salat dan al-Quran di setiap kamar, dan penentu arah kiblat. Selain itu, para tamu dapat mengikuti berbagi kegiatan pesantren Daarut Tauhiid dari mulai salat berjamaah, mengikuti berbagai kajian keislaman seperti kajian al-Hikam, kajian Makrifatullah, kajian Asmaul Husna, dan sebagainya.

Selain mengusung nilai-nilai islami, Cottage Daarul Jannah memiliki ciri khas  lainnya yang membedakan dengan penginapan-penginapan lainnya.  Bangunannnya yang unik dan bernuansa alam membuat para tamu betah berlama-lama di sana, terutama tamu dari perkotaan.

Diawali dengan program pelatihan Manajemen Qalbu yang diikuti oleh beberapa instansi pemerintah dan lembaga bisnis lainnya. Pada saat itu fasilitas menginap yang tersedia adalah tenda pleton. Melihat fenomena tersebut, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid mencetuskan sebuah ide untuk membangun cottage sebagai fasilitas yang disediakan bagi para peserta yang mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Daarut Tauhiid.

Adapun penamaan Daarul Jannah berasal dari bahasa arab yang berarti “Tempat Surga”. Diharapkan para tamu dapat merasakan atmosfer pesantren dan mengikuti kegiatan yang bernuansa religius di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid.

Selain menawarkan suasana yang nyaman, Cottage yang berdiri di tanah wakaf ini juga mengajak para tamunya untuk sama-sama mendapatkan keberkahan dengan ikut berwakaf. Secara otomatis, tamu yang menginap di Cottage Daarul Jannah telah ikut berwakaf untuk pengembangan pesantren Daarut Tuhiid.

Program menginap sambil beramal merupakan salah satu program unggulan sejak lama. Dana yang terkumpul dari program tersebut disalurkan kepada lembaga yang berkompeten di bidangnya, salahsatunya adalah Wakaf DT.

Cottage Daarul Jannah merupakan penginapan kelas melati yang telah berdiri lebih dari satu dekade. Kiprahnya sudah terlihat dengan menjadi salah satu hotel melati dengan rata-rata pengunjung 60% occupancy tiap bulannya.

Cottage Darul Jannah memiliki 24 kamar dan rata-rata kamar yang terisi sebanyak 19 kamar per harinya. Terhitung dari Januari hingga Agustus 2017 tercatat sebanyak 729 tamu yang telah menginap di Cottage Darul Jannah.

(Astri Rahmayanti)

LEAVE A COMMENT