. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Memetik Hikmah dari Jepang

Sempat mengisi tugas dakwah di Jepang. Kalau kita mendengar “Jepang”, maka mungkin yang kita ingat adalah penjajah yang pernah menjajah negeri kita. Kalau kita mendengar “Jepang”, maka mungkin yang kita ingat adalah bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Atau, setiap kali kita mendengar “Jepang”, maka mungkin yang kita ingat adalah teknologinya seperti dalam industri moda transportasinya, kita bisa lihat di negeri kita banyak sekali kendaraan buatan Jepang, bahkan mungkin kita pun penggunanya.

Saudaraku, Jepang adalah salah satu negara maju di dunia. Jepang adalah salah satu negara dengan perkembangan yang pesat. Namun, setiap kali kita melihat negara maju seperti Jepang, maka seharusnya yang kita ingat bukanlah kebesaran Jepang-nya, melainkan kebesaran Allah SWT. Karena, tidak ada satupun negara di dunia ini kecuali ciptaan Allah SWT. Tidak ada satupun negara maju di dunia ini, kecuali sumber daya manusianya mutlak ciptaan Allah SWT.

Jikapun kita banyak terinspirasi dalam hal ilmu pengetahuan dari Jepang, maka seharusnya kita bersyukur kepada Allah yang telah memberikan informasi ilmu pengetahuan syariatnya melalui orang-orang Jepang. Karena pasti setiap kebaikan itu datangnya dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)..” (An Nahl [16] : 53).

Kita bersyukur Allah telah mempertemukan kita dengan Islam sejak kita lahir, syariatnya melalui orangtua dan keluarga kita yang juga sudah memeluk Islam. Kemudian, kita semakin diperkaya dengan teori-teori keIslaman melalui guru-guru di madrasah yang mengajari kita. Akan tetapi, penemuan-penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh orang-orang di Jepang, itu bisa semakin memperkuat teori yang sudah kita ketahui tentang Kemahakuasaan Allah SWT, semakin memberi kita bukti tentang Kebesaran Allah SWT.  Alhamdulillah!

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita termasuk hamba-hamba yang gigih menimba ilmu pengetahuan yang semakin memperkuat keimanan kita kepada-Nya. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT