. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Masjid DT Eco Pesantren Fasilitasi Santri Menghafal Quran

Masjid Daarut Tauhiid (DT) Eco Pesantren, yang juga bernama Masjid Rahmatan Lil’alamin ini tidak pernah sepi. Hampir setiap waktu, lantunan ayat suci al-Quran menggema di setiap sudut masjid tersebut. Walaupun proses pembangunannya masih terus dilakukan, tapi tidak berpengaruh terhadap kemakmurannya.

Puluhan santri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra, pada Jumat (14/9) kembali memakmurkan masjid Rahmatan Lil’alamin Eco Pesantren, dengan melaksanakan ujian tahfiz quran secara serempak. Huripudin, Humas SMK DTBS mengatakan, sejak SMK DTBS Putra dipindahkan ke Eco Pesantren, kuwalitas hafalan santri semakin meningkat.

Salah satu faktor peningkatan kualitas hafalan santri saat ini, karena beberapa fasilitas aset wakaf di Eco Pesantren, sangat mendukung santri dalam menghafal. Masjid, asrama, ruang kelas, dan lingkungan yang asri sangat memberikan pengaruh terhadap kefokusan santri ketika menghafal.

Hurip berharap, keberadaan santri penghafal al-Quran di aset wakaf, semakin menambah keberkahan dan mengalirkan pahala kepada muwakif (pewakaf). Semakin banyak santri yang menghafal dan beribadah di masjid tersebut, maka semakin banyak juga pahala yang akan diperoleh oleh muwakifnya.

Tujuan diadakannya ujian tahfiz ini, yakni untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat hafalan santri selama satu semester.

“Ujian ini terbagi dalam tiga kategori yaitu Pratahsin,Tahsin dan Tahfidz. Santri yang pratahsin diujikan hanya koreksi bacaan saja. Untuk santri tingkatan tahsin, diuji dari kefasihan dan hafalan juz 28, 29, dan 30. Sementara Santri Tingkat Tahfidz adalah santri yang sudah sangat bagus bacaannya dan hafalannya diatas yang sudah ditargetkan oleh sekolah,”. jelas Agus Setiawan, Musyrif SMK DTBS Putra. (Ernawati)

LEAVE A COMMENT