. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Masjid DT Bandung

 

Masjid DT Bandung diperluas sekaligus direnovasi untuk kedua kalinya pada Agustus 2015. Setelah pembebasan lahan di samping bangunan masjid DT lama, Masjid DT Bandung diperluas menjadi 380 meter persegi ke arah barat. Sampai Agustus 2017, Pembangunan fisik masjid secara swakelola ini sudah mencapai 93 persen, yang pada proses pembangunannya mengalami penambahan pekerjaan, seperti lift dan balkon lantai tiga akhwat.

Untuk membuat Masjid DT lebih nyaman dan tahan lama dengan hasil maksimal, proses pembangunan melibatkan para ahli dan profesional, di antaranya tim manajemen kontruksi dan perencana pembangunan. Hasilnya, Masjid DT Bandung didesain menjadi masjid alam yang dikombinasi teknologi dengan material berqualitas terbaik.

Masjid setinggi empat lantai ini didesain menjadi masjid tropis. Dengan banyaknya bukaan untuk pencahayaan dan sirkulasi udara, masjid ini sengaja tidak dipasangi AC. Sebagai penambah kesejukan, di sisi dinding utara masjid dilengkapi dengan vaertical garden dan kipas angin di beberapa sudut. Material yang digunakan juga banyak yang langsung berasal dari alam, seperti batu nero India, traverteen, dan dinding andesit.

Teknologi yang diterapkan pada Masjid DT pun terbilang banyak, dilihat dari fungsinya. Dari segi pengelolaan air dan pembuangan, sistem daur ulang air wudu, penggunaan septic tank biotech, dan cubical tank melengkapi masjid ini. Dari segi keamanan, CCTV, fire detector, dan pintu dengan kunci finger print menjadi bagian dari Masjid DT Bandung.

Sebagai masjid yang ramah difabel dan lansia, Masjid DT juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan kursi roda, tiolet khusus difabel, dan lift. Ketika masuk masjid, para difabel bisa langsung mengakses toilet khusus difabel yang dibuat lebih luas dan dilengkapi banyak pegangan. Bagi para difabel dan lansia yang ingin pergi ke lantai dua hingga lantai empat bisa menggunakan lift.