. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Masalah Terbesar

Setiap orang pasti punya masalah. Ada yang punya masalah utang-piutang, ada yang berselisih dengan pasangannya, ada yang bermasalah dalam urusan kuliahnya, dan berbagai bentuk masalah lainnya. Akan tetapi, semua masalah itu sebenarnya bukan masalah besar. Karena masalah terbesar kita adalah jika kita tidak mendapatkan pertolongan Allah manakala menghadapi masalah-masalah tersebut.

Karena masalah sekecil  apapun kalau Allah SWT tidak menolong kita, maka pasti akan berlarut-larut dan terasa menyiksa. Sedangkan masalah sebesar apapun yang kita rasakan, jika Allah menolong kita maka pasti terasa ringan dan beres.

Saudaraku, sebetulnya diri kita ini tidak dirancang untuk menyelesaikan persoalan sendirian. Semua potensi yang kita miliki seperti akal pikiran, perasaan, fisik dan semuanya adalah sarana bagi kita untuk mendekat kepada Allah manakala menghadapi suatu persoalan.

Allah SWT berfirman, “..Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq [65] : 2-3)

Jadi, tidak usah takut pada persoalan. Karena sepelik apapun masalah kita, sesungguhnya semua ada dalam genggaman Allah SWT. Setiap kejadian di alam semesta ini terjadi karena izin Alloh dan mutlak ada dalam genggaman Allah. Hanya Allah pula yang Maha Memiliki jalan keluarnya. Maka, akan menjadi masalah yang sangat besar jikalau kita jauh dari Allah dan mencari penolong selain Dia.

Ikhtiar terbaik dari berbagai persoalan yang kita hadapi adalah mendekat kepada Allah dengan memperbaiki hubungan kita dengan-Nya. Kemudian menyempurnakan ikhtiar kita dalam menghadapi persoalan itu. Sungguh tiada yang mustahil bagi Allah, semoga kita termasuk orang-orang yang dekat dengan Allah dan mendapat pertolongan-Nya. Aamiin yaa Robbal’aalamiin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT