. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Makmurkan Aset Wakaf Bersama Penghafal Al-Quran

Seperti biasa, setiap selesai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri kembali melaksanakan rutinitas hariannya bersama al-Quran. Kecintaannya bersama al-Quran, membuat aset wakaf DT yang memfasilitasi santri dalam menghafal, dipenuhi keberkahan.

Terbangunnya dua saung di aset wakaf DT, di depan kantor management SMP dan depan asrama santri, menjadi pemicu semangat santri dalam menghafal. Fariasi aset wakaf ini membuat santri merasa lebih nyaman di dalam menghafal al-Quran, dan lebih semangat untuk meraih cita-citanya menjadi penghafal al-Quran yang berkarakter Baku (Baik dan Kuat).

Uniknya, beberapa aset wakaf sarana pendidikan di SMP DTBS Putri ini, memiliki nama-nama yang indah layaknya di Kota Mekah. Termasuk dua saung yang selalu riuh dengan bacaan ayat al-Quran ini, bernama Saung Zam-zam dan Saung Multazam. Dimana dua saung tersebut selain untuk kegiatan menghafal santri, juga menjadi tempat yang nyaman untuk melaksanakan salat wajib maupun sunnah oleh para santri maupun Civitas SMP DTBS Putri.

Tri Astuti, salah seorang guru tahfiz SMP DTBS Putri, mengatakan, sejak tahun ajaran 2017-2018, seluruh santri diwajibkan untuk mengikuti program takhosus. Sehingga setiap alumni SMP DTBS minimal memiliki hafalan 10 juz al-Quran.

“Target hafalan santri dibagi menjadi tiga bagain, yaitu kelas tahfiz, minimal 15 Juz, kelas tahsin minimal 10 Juz, kelas pratahsin 7 Juz,” kata Tuti, pada Senin (24/9).

Siapa pun yang menjadi jalan terbangunya fasilitas sarana pendidikan tersebut, adalah orang-orang yang beruntung. Terlebih jika aset wakaf tersebut digunakan untuk beribadah. Setiap ayat al-Quran yang dibaca oleh santri, tentu pahalanya juga akan mengalir kepada muwakif (pewakaf). (Ernawati)

LEAVE A COMMENT