. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Kegembiraan Orang Beriman

Allah SWT berfirman, “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: ‘Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.’ Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Baqarah [2]: 25).

Saudaraku, tiada yang lebih menggembirakan bagi manusia kecuali ketika Allah SWT rida kepada mereka dan mencurahkan keridaannya itu kedalam hati mereka berupa ketenangan dan antusiasme terhadap ketaatan. Jikalau kita bisa merasakan rasa gembira yang sangat manakala menunaikan salat, sedekah atau amal sholeh lainnya, maka ini adalah karunia dari Alloh yang tiada taranya.

Oleh karena itu, manakala orang-orang kufur melihat orang-orang beriman nampak letih dan susah ketika beramal sholeh kemudian mereka mencemooh keadaan itu, maka itu sesungguhnya disebabkan orang-orang kufur tidak dapat merasakan apa yang dirasakan orang-orang beriman. Hanya Allah Yang Maha Kuasa menyuburkan hati manusia dengan rasa bahagia dan lapang. Tiada kegiatan apapun yang berat manakala seseorang mentaati Allah, karena Allah yang melapangkan segalanya.

Ada orang yang karena keterbatasan waktu atau fisiknya, menyumbangkan apapun yang bisa ia sumbangkan untuk kegiatan dakwah. Orang yang kufur akan mencemoohnya sebagai perbuatan yang tidak masuk akal dan konyol. Padahal sekecil apapun amal sholeh yang dilakukan seseorang di jalan Allah secara ikhlas, niscaya sangat besar nilai dan ganjarannya di hadapan Allah SWT

Oleh karena itu, marilah senantiasa memupuk keimanan di hati kita, suburkan keimanan dengan ilmu dan amal saleh. Sungguh, Allah akan limpahkan kegembiraan di hati kita dan kelapangan dalam menjalani kehidupan ini. Kegembiraan yang tidak hanya berhenti di dunia, melainkan hingga menembus akhirat.(KH. Abdullah Gymnastiar)

LEAVE A COMMENT