. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Kaya karena Berwakaf

Memulai pembahasan tausiahnya tentang Allah Maha Kaya, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) terlebih dahulu membacakan hadis Rasulullah saw tentang kaya. “Siapa yang puas dengan apa yang dianugerahkan Allah, dialah manusia yang paling kaya,” (HR. At-Tirmidzi).

Menurutnya, sungguh beruntung orang kaya yang kaya. Kaya akan harta dan hati. Terkadang seseorang dinilai kaya, karena banyaknya harta, mewahnya rumah, dan bagusnya mobil. Seringkali orang melupakan definisi kaya yang hakiki, yaitu kekayaan seseorang yang tidak bisa diukur dari hartanya, melainkan dari segi maknanya. “Padahal kekayaan sesungguhnya adalah kaya dengan ilmu dan amal,” kata Aa Gym, pada Rabu (29/8).

Aa Gym kemudian menjelaskan dua macam kekayaan. Pertama, kaya dengan ilmu pengetahuan. “Ilmu adalah kekayaan yang nilainya lebih tinggi dari materi. Itulah mengapa, Allah SWT meninggikan orang yang berilmu beberapa derajat. Al-Quran berulang kali menyebut bahwa tidak sama antara kebodohan dengan ilmu. Kebodohan akan menghinakan, sedangkan ilmu akan memuliakan,” jelasnya.

Penjelasan Aa Gym tersebut senada dengan Firman Allah SWT, “Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang beriman di antaramu, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat,” (QS. Al-Mujaadilah [58] : 11).

Kedua, kaya dengan sedekah (wakaf). “Dia yakin bahwa setiap harta yang digunakan di jalan Allah, tidaklah akan berkurang, bahkan terus bertambah, bertambah, dan bertambah. Dengan berwakaf itu pula, timbangan pahala kita pada Hari Perhitungan akan semakin berat,” paparnya.

Terakhir, Aa Gym mengajak jamaah untuk menjadi orang kaya yang kaya, dan orang miskin yang kaya. “Orang yang kaya dengan ilmu, hati, anak saleh, wakaf, serta amal kebaikan lainnya, sesungguhnya semua itu adalah sumber kebahagiaan di dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Bagi sahabat yang ingin berwakaf melalui Lembaga Wakaf DT. Wakaf dapat disalurkan dengan cara mengunjungi Kantor Lembaga Wakaf DT di Jalan Gegerkalong Girang No. 67 Bandung. Layanan transfer, dan jemput wakaf dengan menghubungi nomor 085-200-123-123. (Cristi Az-Zahra)

LEAVE A COMMENT