. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Kang Gun Lebih Memilih Keberkahan Hidup

Hidupnya bisa dikatakan sederhana. Dia tinggal di sebuah ruangan seperti kontrakan kamar petak di bengkel mobilnya. Bersama istri dan anak balitanya, dia menggantungkan hidup dari bengkel yang dimodali oleh orang yang percaya kepadanya. Orang-orang biasa memanggilnya Kang Gun.

Namun, siapa sangka, Kang Gun yang sederhana itu ternyata rela mewakafkan sawah seluas 1100 meter persegi, asetnya yang berharga menjelang akhir Juli lalu. Sawah yang tadinya dia beli sebagai bekal pernikahan, diwakafkan kepada Wakaf DT. Untuk pengelolalannya, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Wakaf DT.

Hidup Berkah

Bisa saja dia jual sawah yang ia cicil dari keringatnya itu untuk memperbesar usahanya. Atau mungkin bisa digunakan untuk membayar utang yang masih ditanggungnya. Atau yang paling masuk akal, hasil dari penjualannya bisa ditambahkan untuk pembelian rumah.

Kang Gun menyadari betul bahwa sawahnya didapatkan dengan menyertakan riba di dalamnya. Cicilan ke bank yang rutin dibayarkannya tentu saja berbunga. Saat itu, Kang Gun mengaku, sawah itu ibarat kesempatannya untuk memiliki aset dengan harga murah. Sawah yang merupakan barang lelang dari perbankan menjadi peluangnya untuk memiliki bekal kehidupan pernikahannya.

Sejalan dengan pemahamannya mengenai bahaya riba. Dia ingin total terlepas dari segala bentuk riba. Dia membayangkan dosa yang akan membuat hidupnya bersama keluarga kecilnya penuh kegelisahan.

“Karena belinya dari bank. Karena sekarang teh sering denger-denger riba. Jadi takut nyambung dosanya, nyambung ribanya,” kenangnya. Wajahnya tampak cemas.

Awalnya Kang Gun merasa bingung harus dikemanakan. Tetapi intinya, untuk membersihkan hartanya itu dia menginginkan sawah itu bermanfaat bagi banyak orang. Dia ingin menyedekahkan atau mengelolanya yang hasilnya diberikan kepada orang banyak.

Namun, Selama ini, dia mengungkapkan, sawahnya dikelola oleh orang lain karena dirinya buta cara bertani. Latar belakangnya sebagai seorang mekanik kendaraan membuatnya nihil kemampuan untuk mengelolanya.

Pilihan terakhir yang bisa dilakukannya adalah disedekahkan. Sampai suatu saat dia mengetahui wakaf.  Amalan ini ternyata memiliki begitu banyak keberkahan, di antaranya yang paling utama adalah pahala yang terus mengalir dan keberkahan hidup. Dibulatkanlah tekad untuk diwakafkan.

“Denger wakafnya baru-baru. Langsung masuk ke dalam hati. Wakaf itu kan lebih dari sedekah. Terutama juga mudah-mudahan juga keberkahan dan pahalanya ada buat orang tua yang sudah meninggal dunia. Kemudian kepada yang ngemodalin, ke orang lain. Mencari rezeki mudah-mudahan dilancarkan dan dimudahkan,” ujar Kang Gun.

Dia teringat wakaf juga bisa ditunaikan ke DT, melalui Wakaf DT, salah satu unitnya. Segera dihubunginya Wakaf DT. Selang beberapa hari, dia datang ke DT untuk mengutarakan niatnya. Tidak lama dari saat itu, Jumat (27/7), ikrar wakaf dilakukan dibengkelnya, disaksikan Agus Kurniawan, Direktur Fundraising Wakaf DT; Hafiizhullah, Manajer Funding Wakaf DT; dan Wahyudi, Staf Markom Wakaf DT.

“Alhamdulillah, setelah diikrarkan lebih tenang, lebih plong lah. Ya memang, tadinya ini kan mau dikasihin. Dijual juga tidak seberapa. Akhirnya, ya itu, nyari yang bisa dimanfaatin. Pas inget-inget saya ke DT, dengerin radio, denger-denger ada wakafnya gitu. Ngehubungin ke DT, terus ketemu, ke kantor. Ya itungannya biar lebih bermanfaat dan lebih berkah lah ya,” ungkapnya diiringi senyum. Perasaan senang terlihat jelas di wajahnya.

 

Peluang Wakaf

Peluang meraih hidup berkah dengan berwakaf masih terbuka lebar. Wakaf bisa ditunaikan ke Wakaf DT dengan pilihan berbagai program wakaf; Wakaf Masjid 3 in 1, Wakaf Quran Plus, Wakaf Asrama Tahfiz, Wakaf Ketahanan Pangan, Wakaf Sadar Pendidikan, dan Wakaf Umum.

Wakaf bisa dilakukan secara langsung di kantor Wakaf DT di Jalan Gegerkalong Girang No.67 Bandung. Selain itu, Wakaf juga bisa dilakukan dengan cara transfer melalui semua kanal, baik melalui Teller, ATM, Mobile Banking, Internet Banking, maupun SMS Banking.

Transfer wakaf bisa ditunaikan melaui rekening Cinta Wakaf; Wakaf Masjid 3 in 1
melalui BSM 7766 7766 33, Wakaf Al Qur’an Plus melalui BRI Syariah 20211 2021, Wakaf Ketahanan Pangan melalui BNI Syariah 83003 83006, Wakaf Asrama Tahfiz ke BNI Syariah 84005 84005, Wakaf Sadar Pendidikan melalui Mandiri 13200 1009 5959, dan Wakaf Umum ke BNI 8200282002. Semua atas nama Yayasan Daarut Tauhiid. Untuk Informasi dan konfirmasi bisa menghubungi call center Wakaf DT; 085 200 123 123.

(Agus Iskandar)

LEAVE A COMMENT