. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Istiqamah Berwakaf, Sulitkah?

Mengeluarkan harta untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk membeli barang yang diinginkan seringkali mudah dilakukan. Contohnya, saat seseorang pergi ke pusat perbelanjaan (mall), ia dapat membelanjakan uang Rp. 50.000, dengan santai, bahkan seperti tanpa beban. Tapi mewakafkan uang Rp. 50.000 saat mengunjungi masjid, atau melewati gerai wakaf, bisa jadi penuh perhitungan.

Hal itu pula yang dirasakan oleh Asih, salah seorang pegawai perusahaan yang ada di Kota Bandung. “Jujur, uang lima puluh ribu itu kalau dipakai nongkrong sama temen-temen di kafe gitu seringkali masih kurang. Sekali nongkrong, abis lah seratus ribuan. Tapi kalau buat sedekah (wakaf), jangankan lima puluh ribu, uang sepuluh ribu aja nggak jadi, yang jadi disedekahin (wakaf), justru yang dua ribu,” ungkapnya pada Kamis (13/12).

Hampir selalu ada pergolakan batin ketika hendak menyalurkan harta di jalan Allah SWT. Walaupun secara teori, ia pun memahami bahwa menakut-nakuti kemiskinan, khawatir tidak cukup, merupakan salah satu cara setan menghalang-halangi manusia dalam berbuat kebaikan.

“Saya paham bahwa harta yang diwakafkan itu, pahalanya mengalir terus. Tapi ya itu, godaannya juga luar biasa kalau mau berwakaf teh. Awal-awal mah bismillah paksakeun. Lama-lama alhamdulillah jadi merasa ada yang kurang kalau dalam waktu satu bulan belum berwakaf,” paparnya.

Lembaga wakaf yang ia pilih untuk menyalurkan dana wakafnya ialah Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid (DT). Kepercayaannya pada Lembaga Wakaf DT bukanlah tanpa alasan. “Teman saya ada yang kerja di DT, tapi bukan di bagian wakafnya. Jadi, saya sering dapat informasi tentang wakaf dan apa aja layanan yang ada di DT. Insya Allah Lembaga Wakaf DT amanah, pimpinannya juga kan Aa Gym,” jelasnya.

Biasanya, Asih menyalurkan wakafnya saat mengikuti Kajian Makrifatullah di Masjid DT, yang merupakan aset wakaf juga. “Mudah-mudahan saya bisa istiqamah, dan tidak jadi riya dengan apa yang saya wakafkan,” katanya.

Bagi sahabat yang ingin mencoba istiqamah berwakaf seperti Asih, silakan kunjungi Kantor Wakaf DT di Jalan Gegerkalong Girang, No. 67 Bandung. Informasi selengkapnya, silakan hubungi: 085-200-123-123. (Cristi Az-Zahra)

 

LEAVE A COMMENT