. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Inilah Peranan Wakaf DT Terhadap Pendidikan

Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT) yang terletak di Jalan Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, merupakan salah satu aset wakaf DT yang dimakmurkan dengan berbagai lembaga pendidikan. Di atas tanah wakaf seluas kurang lebih tiga hektar ini, terdapat sejumlah bangunan yang juga dibangun dengan dana wakaf.

Memakmurkan aset wakaf dengan cara membangun lembaga pendidikan, adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Lembaga Wakaf DT untuk mengoptimalkan peran wakaf dalam membangun peradaban. Selain bangunan berupa masjid, ruang kelas, perkantoran, dan asrama santri, Mohamad Iskandar, Wakil Ketua Yayasan DT mengatakan, akan dibangun sebuah dome yang luas. Tujuannya untuk memfasiltasi berbagai kegiatan santri di Eco Pesantren.

Ia menambahkan, Eco Pesantren bukan hanya satu-satunya aset wakaf DT yang difungsikan untuk pendidikan formal. Wakaf DT juga tengah mengembangkan aset wakaf pendidikan di DT Serua Tangerang Selatan, yang bernama Adzkia Islamic School (AIS). Dari aset wakaf tersebut telah lahir ratusan gerasi qurani dengan beragam prestasi. Mayoritas santrinya adalah kaum dhuafa dan anak jalanan.

“Kami juga ada suatu sekolah di Serua Tangerang, kualitasnya juga sama seperti di sini, tapi free (beasiswa) untuk para santrinya. Awalnya sekolah itu untuk dhuafa, untuk anak-anak jalanan. Pagi sampai siang mereka di jalanan, setelah itu mereka di pondok. Lama-kelamaan bagus dan bagus, akhirnya muncul sekolah Adzkia di Serua Tangerang,” ujar Iskandar, pada Selasa (18/12). (Ernawati)

 

LEAVE A COMMENT