. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Inilah Kondisi Keretakan Gedung DT Serua

Keretakan bangunan yang terjadi pada ruang kelas dan Asrama Adzkia Islamic School (AIS), Pesantren Daarut Tauhiid (DT), di Serua Tangrang, semakin memprihatinkan. Bangunan tiga lantai milik SMP dan SMA AIS ini memiliki resiko yang cukup tinggi jika masih terus digunakan. Sehingga, gedung asrama dan ruang kelas tersebut terpaksa dikosongkan. Hanya terdapat beberapa rungan yang masih bisa digunakan untuk belajar.

Akibat dari keretakan ini, Santri SMP dan SMA AIS sebagian harus tinggal mengontrak di sekitar pesantren. Sarana belajar yang digunakan juga sangat sederhana. Beberapa saung yang biasa digunakan untuk istirahat tamu, menjadi alternatif sebagai ruang kelas.

Tias, Kepala Kesiswaan SMP AIS DT Serua, mengatakan, setelah adanya himbauan tentang waspada bahaya keretakan gedung, tidak ada satu pun santri yang boleh menempati ruangan tersebut. “Sejak pertama Aa Gym melihat kondisi ini juga langsung ngomong, ruangan ini harus segera di kosongkan untuk menghindari resiko,” ujar Tias, pada Senin (10/9).

Santri SMP dan SMA AIS Serua menganggap, pesantren tersebut adalah wadah bagi mereka untuk mengembangkan bakat dan minat yang ada dalam diri santri, sehingga fasilitas sarana dan prasarana yang memadai sangatlah dibutuhkan. Hafizullah, Manager Fundraising Wakaf DT juga menyampaikan, melalui Program Sarana Dasar (Sadar Pendidikan), Lembaga Wakaf DT segera melakukan perbaikan infrastruktur pesantren DT Serua, baik asrama maupun ruang kelas.

“Sekarang ini yang paling mendesak untuk segera dibangun adalah DT Serua. Bangunan asrama dan ruang kelasnya yang retak-retak sudah tidak layak lagi. Bahkan sampai siswa-siswanya harus ngungsi dulu,” jelas Hafiz.   (Ernawati)

LEAVE A COMMENT