. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Ini Kemudahan Wakaf Zaman Now

Hafiiz, salah seorang santri karya Daarut Tauhiid (DT) terlihat asyik memainkan smartphone-nya. Sambil tersenyum sendiri, dia mengucapkan alhamdulillah. Rupanya dia baru saja menunaikan wakaf, amalan terbaik pilihannya, dengan aplikasi Yap! Wakaf yang ia tunaikan ditujukan untuk Wakaf Masjid 3 in 1.

Begitulah salah satu kemudahan wakaf di era digital atau yang lebih terkenal dengan sebutan zaman now. Agus Kurniawan, Direktur Fundraising Wakaf DT mengatakan, Wakaf DT terus berusaha memberikan kemudahan berwakaf kepada masyarakat dengan teknologi di era digital saat ini.

Wakaf Semudah Belanja Online

Dengan menggunakan financial technology (fintech), Wakaf DT meluncurkan layanan berwakaf dengan menggunakan aplikasi Wakaf Hasanah, eSalaam, Yap!, dan Kitabisa.com. dengan pilihan berwakaf melalui itu semua, masyarakat bisa berwakaf di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan smartphone-nya. Semua aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di Playstore atau Applestore

“Alhamdulillah kemudahan berwakaf sudah bisa dilakukan oleh masyarakat. Kita sudah ada di aplikasi Wakaf Hasanah, hasil kerja sama dengan Bank BNI Syariah, eSalaam dengan Bank CIMB Niaga Syariah, dan kitabisa.com. Terus yang terbaru ada Yap!” jelas Agus, Rabu (18/7).

Berwakaf melalui Wakaf Hasanah dan eSalaam prosesnya semudah belanja online. Calon wakif tinggal daftar akun, kemudian pilih akad dan nominal wakaf yang diinginkan. Pada Aplikasi Wakaf Hasanah, ada tiga cara metode pembayaran, yakni Bank Transfer, Indomaret, dan Kioson.

Pembayaran yang sudah efektif bisa dilakukan, untuk sementara, baru Bank Transfer yang bisa dilakukan di semua chanel baik ATM, Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, maupun setor tunai ke Teller. Untuk pembayaran melalui Indomaret dan Kiosnon, sampai Juli ini, masih dalam proses pengembangan.

“Nanti wakif akan mengirimkan wakafnya ke virtual account dan mendapatkan notifikasi, seperti belanja online,” ujar Agus.

Berwakaf melalui aplikasi eSalaam hampir sama dengan Aplikasi Wakaf Hasanah. Bedanya, jika berwakaf melalui aplikasi eSalaam, wakif bisa mengisi peruntukan wakaf yang ditunaikan. Misal, wakaf yang ditunaikan untuk atau atas nama Almarhum ibu.

Setelah mencentang “Saya telah membaca niat” kemudian memilih Bayar, wakif akan diberikan tiga pilihan metode pembayaran, yakni Rekening Ponsel, CIMB Niaga Click, dan Visa/Mastercard. Untuk transaksi wakaf, pilih CIMB Niaga Click atau Rekening Ponsel. Dana wakaf yang ditunaikan pada kedua Aplikasi tersebut diakadkan untuk Wakaf Masjid 3 in 1.

Untuk wakaf di kitabisa.com juga sama seperti belanja online. Setelah memilih Wakaf Quran Plus, salah satu program Wakaf DT, wakif tinggal klik donasi, kemudian akan diarahkan untuk mengisi besar nominal yang diwakafkan. Setelah itu, wakif akan diberikan beberapa metode pembayaran, yakni transfer go-pay, transfer berbagai bank, dan kartu kredit.

Lebih Mudah dari Belanja Online

Berwakaf melalui Aplikasi Yap! lebih mudah dari belanja online. Untuk berwakaf melalui Yap! wakif tinggal memindai kode QR Wakaf Daarut Tauhiid, setelah registrasi dan memasukan nomor rekening BNI atau BNI Syariah dan pilihan kartu transaksi.

“Nominal wakaf yang ditunaikan bisa berapa saja. Tidak ada batas pilihan nominal, wakif bisa mengetikkan sendiri nominalnya. Bisa seribu, bisa berapa saja. Wakafnya ini untuk wakaf Masjid 3 in 1,” jelas Hafiizhullah, Manager Fundraising Wakaf DT, Kamis (19/7).

Saat ini, lanjut Agus, kemudahan berwakaf lainnya juga sedang dalam tahap pengembangan. Di antaranya menggunakan Aplikasi Ammana dan MQ Pay. Agus berharap, dengan berbagai kemudahan itu, makin banyak masyarakat yang berwakaf dan mereka memahami wakaf, termasuk berbagai keutamaannya.

“Di sisi lain ini menjadi peluang bagi lembaga wakaf, seperti Wakaf DT untuk memberikan kemudahan. Di sisi lain, peluang masyarakat untuk mendapatkan berbagai keutamaan wakaf jadi semakin mudah. Mereka dengan mudah bisa mendapatkan pahala yang mengalir abadi dan, insya Allah keberkahan,” ujar Agus. (Agus Iskandar)

LEAVE A COMMENT