. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Ikatan Iman

Alloh Swt. berfirman, “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara..” (QS. Al Hujurot [49] : 10).

Saudaraku, kembali kita tafakuri peristiwa yang kita kenal dengan aksi 212 tempo hari. Hanya dalam waktu yang relatif singkat, jutaan umat Islam di Indonesia dari berbagai daerah berkumpul pada waktu yang sama, di tempat yang sama dan untuk maksud yang sama.

Bahkan datang secara mandiri, penuh kerelaan mengeluarkan tenaga, harta, tanpa bergantung pada orang lain atau berharap dibayar. Bahkan ada yang berjalan kaki. Tidak hanya itu, ada juga sebagian kau muslimin yang menyediakan logistik, konsumsi, dan keperluan lainnya secara cuma-cuma. Dan, kegiatan selesai tanpa menyisakan sampah, tanpa kerusakan, yang ada justru kebersihan dan keindahan. Maasyaa Alloh!

Tiada lain yang mempersatukan dan menggerakkan kaum muslimin ketika itu adalah ikatan iman. Ikatan yang jauh lebih bernilai dibandingkan ikatan daerah, ikatan organisasi, ikatan partai, ikatan ras bahkan ikatan keluarga. Inilah ikatan yang diwariskan oleh Rosululloh Saw. dan para sahabat kepada kita. Ukhuwah Islamiyah telah membuat kaum muslimin berdiri tegak dan menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Oleh karena itu, marilah kita terus memupuk ukhuwah islamiyah, mengeratkan ikatan iman di antara kita. Sehingga umat Islam tidak seperti buih di lautan, akantetapi seperti air mengalir yang menyejukkan, menggerakkan dan menghidupkan. Semoga Alloh Swt. Yang Maha Kuat melimpahkan kepada kita semua kekuatan persaudaraan atas dasar keimanan kepada-Nya. Aamiin yaa Robbal’aalmiin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

 

 

LEAVE A COMMENT