. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Empat Jenis Amarah

Saudaraku, amarah adalah hal yang hendaknya bisa kita kendalikan dan kita redam. Karena itu Rasulullah saw memberikan petunjuk kepada kita bagaimana kiat untuk mengendalikan amarah.

Ada beberapa tipe orang marah yang perlu kita ketahui, supaya kita bisa memeriksa diri termasuk tipe yang manakah kita dan supaya kita lebih terampil untuk mampu mengendalikan amarah.

Pertama, orang yang mudah marah dan jika sudah marah maka akan lama redanya. Ini adalah tipe yang paling buruk dalam urusan marah. Kedua, orang yang susah marah, tapi kalau sudah marah akan susah pula redanya. Ini juga tipe yang buruk. Ketiga, orang yang mudah marah tapi mudah juga redanya. Ini tipe yang rada lebih baik dalam urusan marah.

Dan yang keempat, orang yang susah marah tapi jika sudah marah maka akan mudah redanya. Ini adalah tipe yang paling baik dalam urusan marah.

Karena sebenarnya amarah adalah bagian dari fitrah manusia yang dilengkapi hawa nafsu. Hanya saja ada yang terampil mengendalikan, meredam, dan menjauhkan amarah dari dirinya, namun ada pula yang tidak terampil mengendalikannya.

Allah SWT berfirman, “..dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran [3] : 134)

Semoga kita termasuk orang-orang yang bermujahadah untuk menjadi pribadi yang kuat sejati, yaitu yang mampu mengendalikan hawa nafsunya atau amarahnya.

Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin[KH. Abdullah Gymnastiar]

LEAVE A COMMENT