. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Eco Pesantren DT, Aset Wakaf yang Berkah

Sekitar delapan lokasi Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), yang dipimpin oleh KH. Abdullah Gymnastiar, hampir 100 persen terletak di aset wakaf. Salah satunya adalah Eco Pesantren DT, yang beralamatkan di Jalan Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Gatot Kunta Kumara, Ketua Yayasan DT menyampaikan, salah satu prinsip yang dimiliki oleh Lembaga Wakaf DT dan Yayasan DT, walaupun hanya sejengkal aset wakaf, maka harus dimakmurkan dengan berbagai kegiatan yang ada. Diataranya kegiatan yang memiliki nilai pendidikannya, baik formal maupun non formal.

“Kalau aset wakaf seperti masjid, atau area publik kita harus memakmurkan semaksimal mungkin untuk kegiatan-kegiatan, atau aktifitas yang positif. Seperti kajian dan lain sebagainya, karena itu bentuk pertanggungjawakan kita dalam mengemban amanah wakaf, agar setiap yang berwakaf ke DT itu mendapatkan aliran pahalanya. Baik yang masih hidup atau pun yang sudah meninggal,” ujar Gatot.

Sementara aset wakaf seluas 3,5 hektar di Eco Pesantren, bukan hanya di bangun sebuah masjid, namun juga terdapat lembaga pendidikan yang terdiri dari PAUD, SD, SMP, SMA, hingga SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS). Selain tanah wakaf, setiap bangunan yang terdapat di Eco Pesantren juga merupakan hasil dari program-program yang digulirkan oleh Lembaga Wakaf DT, untuk membangun peradaban melalui wakaf dan pendidikan.

Sebagai salah seorang santri SMA DTBS Eco Pesantren, Fhebrian merasa bersyukur mendapat kesempatan untuk belajar di aset wakaf tersebut. Menurutnya, menuntrut ilmu di aset wakaf mendatangkan keberkahan tersendiri bagi dirinya.

“Alhamdulillah, sekarang sejak nyantri di Eco Pesantren, hati jadi lebih tenang. Meskipun kadang gak punya uang juga asal punya ilmu, jadi biasa saja. Tetap kedapatan berkahnya, ada saja rizki dari Allah mah,” kata Fhebrian, pada Ahad (17/9). (Ernawati)

LEAVE A COMMENT