. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Eco Pesantren Aset Wakaf Bernuansa Alam

Aset wakaf Daarut Tauhiid (DT) yang terletak di Desa Ciwaruga, Jalan Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, memiliki banyak cerita. Dataran tinggi seluas 3,5 hektar ini tadinya hanya ditumbuhi dengan pepohonan dan rumput liar. Setelah diwakafkan ke Lembaga Wakaf DT, kini menjadi tempat lahir dan tumbuhnya para generasi umat yang bertauhiid dan berkarakter Baku (Baik dan Kuat).

Aset wakaf ini kemudian diberi nama Eco Pesantren Daarut Tauhiid. Kawasan Eco Pesantren yang dikenal sebagai pesantren ramah lingkungan, saat ini dikembangkan menjadi pusat pendidikan formal DT khusus ikhwan (Laki-laki). Yang terdiri dari PAUD, SD, SMP, SMA, hingga SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS), dengan tanpa menghilangkan konsep alamnya.

Beberapa bangunan yang terdapat di Eco Pesantren didesign menggunakan kayu dan bambu. Di antaranya ialah Gedung SMP Daarut Tauhiid Baording School (DTBS) Putra. Lian, Humas SMP DTBS Putra, menuturkan, semua bangunan di Eco Pesantren yang digunakan oleh SMP menggunakan bahan alam, baik asrama, kelas, dan perkantorannya. Sehingga terlihat lebih asri dan elegan. Setiap gedungnya pun memiliki nama-mana yang unik dengan menggunakan nama-nama sahabat Rasulullah saw.

“Gedung-gedung SMP Putra di Eco Pesantren semuanya menggunakan bambu. Dari Gedung Abu bakar sampai Gedung Ali bin Abi Tholib,” ujar Lian, pada Selasa, (23/10).

Di samping itu, aset wakaf di kawasan Eco Pesantren, bukan hanya dimakmurkan dengan pengembangan pendidikan formal. Tapi juga terdapat masjid yang sering digunakan untuk kegiatan dakwah dan sosial. Semua dinding masjid di Eco Pesantren terbuat dari kaca, dan lantai bagian dalam juga beralaskan bambu, sehingga nuansa alamnya pun semakin terasa. (Ernawati)

LEAVE A COMMENT