. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Diklat Eksternal DT Makmurkan Aset Wakaf

Aula Daarul Hajj merupakan salah satu aset wakaf DT yang multifungsi. Hampir setiap hari, aset wakaf ini selalu dimakmurkan dan diproduktifkan dengan berbagai kegiatan dakwah dan sosial. Pada Selasa (12/11), Santri Siap Guna (Daarut Tauhiid) DT, kembali mendapatkan amanah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) dari lembaga eksternal DT, yakni SMP IT Insan Harapan Tangerang. Diklat dilakukan di Aula Daarul Hajj.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, hingga Kamis (15/11). Risa, salah seorang pelatih SSG DT menuturkan, selain dibekali materi mengenai Karakter Baku (Baik dan Kuat) khas DT, peserta juga akan dilatih ke hutan, sebagaimana diklat yang biasa dilakukan oleh lembaga internal DT.

“Kita sudah melatih beberapa instansi, perusahaan, sekolah-sekolah, kampus, juga kepolisian. Sudah ada beberapa angkatan dari kepolisian yang sudah kita latih di sini,” ujar Risa.

Ia menambahkan, diklat eksternal yang dilatih oleh SSG DT tidak selalu di lokasi pesantren. Ada kalanya pelatih SSG harus mendatangi lokasi pelatihan jika memang peserta diklat tidak memungkinkan untuk datang ke DT. Meski pun demikian, Risa berharap setiap lembaga atau instansi yang ingin dilatih oleh SSG bisa datang ke DT.

Dengan begitu, lanjut Risa, selain memakmurkan aset wakaf, jika diklat dilakukan di DT penerapan materi pembiasaan-pembiasaan untuk menumbuhkan karakter Baku juga lebih mudah, dan lebih kondusif, karena lingkungannya bernuansa pesantren.

“Sebenarnya lebih kuat kalau dari instansinya yang datang ke DT, karena ada nuansa pesantrennya. Tapi kalau tidak memungkinkan, ya, pelatih-pelatih SSG yang datang ke lokasi,” tambahnya. (Erna)

LEAVE A COMMENT