. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Dalam Gerakan Dakwah

Allah SWT berfirman, “Katakanlah: “Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Alloh, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”. (QS. Yusuf [12] : 108).

Saudaraku, sesungguhnya setiap orang yang beriman kepada Alloh Swt. dan kepada rosul-Nya memiliki tugas untuk berdakwah, menunaikan amar ma’ruf nahi munkar, mengajak orang untuk dekat dengan Allah SWT menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Tidak boleh kita bersikap apatis pada urusan dakwah Islam. Tidak bisa kita bersikap acuh pada kemunkaran, harus tergerak hati kita untuk menyampaikan dakwah dan melakukannya sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. Urusan dakwah bukan hanya urusan para kyai, para ustadz, para ulama. Urusan dakwah adalah urusan kita semua, orang-orang yang mengakui Allah SWT sebagai Rabb-nya dan nabi Muhammad saw sebagai imamnya.

Bergabunglah, terlibatlah dalam gerakan dakwah. Sumbangkan apa saja yang bisa kita berikan sesuai dengan kemampuan kita. Yang bisa bekhutbah, berkhutbahlah. Yang bisa menopang dari sisi materi, topanglah. Yang bisa mengajar, mengajarlah. Yang senang memelihara kebersihan, lakukanlah. Apa saja pekerjaan kita, apa saja yang bisa kita lakukan untuk dakwah Islam maka lakukanlah.

Karena Allah SWT berfirman, “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang sholeh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?” (QS. Fushilat [41] : 103).

Mari kita giatkan diri dalam menimba ilmu, karena ilmulah yang akan menjadi pupuk amal. Rajinlah menyimak majlis ilmu dari para ulama yang pemahaman ilmunya lebih baik dari kita. Karena kegiatan dakwah akan hampa jikalau kita tidak memiliki ilmunya. Ilmu akan bermanfaat untuk mendakwahi diri kita pribadi, keluarga kita, dan orang lain sehingga menjadi pribadi-pribadi yang semakin dekat dengan Allah SWT.

Semoga Allah SWT melimpahkan taufik dan hidayah sehingga kita termasuk orang-orang yang senantiasa memperbaiki diri. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.  [KH. Abdullah Gymnastiar]

 

LEAVE A COMMENT