. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Cara Berinteraksi dengan Al-Quran

  1. Al-Qur’an harus dipelajari bacaannya

Yang dimaksud dengan mempelajari Al-Qur’an di sini ialah suatu upaya untuk mengetahui dan tahu membaca Al-Qur’an. Yang harus dilakukan adalah mempelajari huruf-huruf Al-Qur’an, mempelajari bagiamana cara membaca Al-Qur’an. Untuk memenuhi langkah ini, maka kita di waktu kecil diajarkan bagaimana cara membaca huruf-huruf Al-Qur’an, bagaimana cara mengucapkan huruf-huruf Al-Qur’an, dan bagaimana cara membaca ayat-ayat Al-Qur’an.

  1. Al-Qur’an harus dibaca dan didengarkan

Pengetahuan kita tentang bagaimana membaca Al-Qur’an harus dapat dipraktekkan terus menerus untuk membaca Al-Qur’an. Kita tidak boleh berhenti hanya sampai pada mengenal dan mengetahui membaca Al-Qur’an, tetapi juga Al-Qur’an dituntut untuk selalu dibaca.

  1. Al-Qur’an harus dihafal

Idealnya, dan itu yang terbaik setiap muslim harus menghafal Al-Qur’an secara keseluruhan, mulai dari surat pertama hingga surat terakhir. Hal ini menjadi penting dilakukan karena dengan hafalannya seseorang dengan mudah akan dapat menyampaikan ayat-ayat Al-Qur’an sesuai kebutuhannya, termasuk di dalamnya ketika memimpin shalat. Hanya saja, tidak mudah bagi setiap muslim untuk menghafalkan Al-Qur’an.

  1. Al-Qur’an harus dipahami maknanya

Yang dimaksud ialah memahami secara harfiyah arti kata-kata atau terjemahan ayat-ayatnya. Untuk itu, setiap kali kita membaca ayat-ayat Al-Qur’an, saat itu pula kita berusaha  memahami makna ayat-ayatnya. Dengan memahami maknanya itu, kita akan menjadi lebih dekat dan lebih akrab dengan Al-Qur’an.

  1. Al-Qur’an harus dikaji tafsirnya

Mengkaji Al-Qur’an adalah upaya lanjutan yang dilakukan untuk memahami dan menghayati Al-Qur’an secara lebih dalam. Pengkajian terhadap Al-Qur’an pada langkah ini dilakukan dengan mempelajari dan mengkaji secara lebih dalam dan lebih luas lagi.

  1. Al-Qur’an harus diikuti, diamalkan, dan didakwahkan

mengikuti, mengamalkan, dan mendakwahkan tuntunan Al-Qur’an. Mengikuti, mengamalkan Al-Qur’an berarti mengikuti dan mengamalkan segala ajaran yang terkandung di dalam Al-Qur’an dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, lalu mendakwahkan tuntuna-tuntunannya itu kepada orang lain. (Prof. Ahmad Thib Raya melalui psq.or.id)

 

LEAVE A COMMENT