. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Allah Maha Kuasa atas Segalanya

Allah SWT berfirman, “Jika Allah menimpakan sesuatu kemadhorotan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Alloh menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus [10] : 107).

Sesungguhnya seluruh makhluk dan segala kejadian ada dalam genggaman Allah Swt. Kejadian yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan, semuanya terjadi atas izin Allah dan dalam kekuasaan-Nya. Dan, tidak ada satupun ketetapan Alloh kecuali pasti mengandung kebaikan.

Kemampuan kita hanyalah melakukan ikhtiar sebaik mungkin sembari istiqomah berada dalam koridor keridhoan Allah Swt. Tidak ada yang mengharapkan sakit, namun jikalau sakit menimpa kita maka langkah terbaik adalah ikhtiar mendapat kesembuhan. Bisa dengan pergi ke dokter, atau dengan mengkonsumsi obat yang sesuai atau dengan herbal. Namun, tetap yang Maha Menyembuhkan hanyalah Allah Swt.

Ingin menikah tapi belum juga mendapatkan jodoh, maka sikap terbaik adalah ikhtiar memperbaiki diri sehingga kita bertemu dengan jodoh yang baik pula. Jikalau ada seseorang yang kita harapkan, namun kenyataannya dia menikah dengan orang lain padahal sudah kita upayakan dengan berkomunikasi melalui orangtua atau melalui sahabatnya, maka tidak perlu berputus asa. Berbaiksangkalah bahwa Allah memiliki rencana lain yang jauh lebih baik.

Saudaraku, kita meyakini bahwa Allah Maha Kuasa atas segalanya. Tidak ada yang bisa menyembuhkan sakit kita kecuali Allah. Tidak ada yang bisa menghilangkan kegalauan, kegelisahan, kekecewaan, selain daripada Allah. Kejadian seperti apapun tidak ada yang berat bagi orang yang dekat dengan Allah. Semoga kita termasuk kepada golongan orang-orang yang senantiasa bermujahadah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Aamiin yaa Robbal’aalamiin. [KH. Abdullah]

 

LEAVE A COMMENT