. . .
  • Jalan Gegerkalong Girang No.67, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • 022 200-6655

Al-Muhaimin, Allah yang Maha Memelihara

Allah SWT berfirman, “Dialah Allah yang tiada tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Al Hasyr [59] : 23).

Dalam ayat di atas Al Muhaimin, Allah Yang Maha Memelihara, terangkai dengan asma Allah yang lain di antaranya yaitu As Salaam, Allah Yang Maha Memberi Kedamaian, dan Al Mu’min, Allah Yang Maha Mengaruniakan Keamanan.

Rasa aman dan damai itu datang dari pemeliharaan. Untuk memelihara sesuatu dengan baik, maka seseorang harus memenuhi syarat pertama yaitu pengetahuan tentang apa yang ia pelihara. Ia tidak akan bisa memelihara ayam, jikalau ia tidak tahu ilmu tentang ayam. Ia tidak akan bisa memelihara singa jikalau tidak tahu ilmu mengenai singa, ketidaktahuan malah bisa mendatangkan malapetaka.

Syarat yang kedua bagi orang yang ingin memelihara adalah dia punya kekuasaan. Orang yang ingin bisa memelihara taman maka ia harus punya kekuasaan untuk mengakses taman tersebut, juga untuk memenuhi berbagai keperluan agar pemeliharaan berlangsung dengan baik.

Dan syarat ketiga adalah cinta. Orang yang tidak mencintai kucing, apalagi yang tidak suka pada kucing, maka pantang baginya untuk memelihara kucing. Tapi bagi orang yang sayang pada kucing, maka ia akan rela berbagi makanan. Bahkan boleh jadi ia lebih mengutamakan makanan untuk si kucing daripada makanan untuk dirinya sendiri.

Nah saudaraku, jika seluruh makhluk di alam semesta ini ada yang memeliharanya, maka sudah tentu yang memelihara tersebut adalah Dzat Yang Maha Mengetahui atas segala kebutuhan seluruh makhluk. Dia pun adalah Dzat Yang Maha Kuasa atas segalanya, Dialah Allah SWT. Dialah yang mempergilirkan malam dan siang. Dialah yang mengatur pasang dan surutnya air laut. Dialah yang mengatur peredaran benda-benda angkasa yang berukuran sangat besar sehingga bergerak teratur pada porosnya masing-masing. Dan Dialah pula yang mengurus detak jantung dan gerak paru-paru setiap makhluk melata di bumi ini. Dialah Allah SWT, Al Muhaimin, Dzat Yang Maha Merawat. Maasyaa Allah!

Semoga memiliki kekuatan iman yang semakin kokoh kepada Allah SWT. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. [KH. Abdullah Gymnastiar]

 

 

LEAVE A COMMENT